PIPIT. ya begitulah setiap orang menandai nama burung ini, burung yang selalu bergerombol di saat mencari makanan  ini sering kita jumpai di sawah-sawah maupun pekarangan kita dengan jumlah yang cukup banyak.untuk jenis-jenis burung ini sangatlah beragam tergantung daerah dan kawasan masing-masing kota maupun negara.
untuk posture tubuh burung ini memang terlihat kecil  tapi mempunyai balance yang cukup seimbang saat terbang, ada beberapa jenis burung yang mungkin tidak asing lagi untuk di lihat

untuk jenis pipit (peking) bisa di bagi menjadi 3 yang terpopuler di kalangan masayarakat;
contoh ; pipit kepala hitam berdada putih ;






Burung ini tidak asing lagi karena karakter burung yang lincah,gesit dalam mencari biji-bijan terutama padi. mereka selalu jadi musuh para petani saat di sawah karena sering memakan padi-padi yang sudah berumur tua,sehingga para petani selalu memasang jaring untuk menangkapanya.
burung ini sering kita jumpai di pasar-pasar burung dengan di hiasi warna-warna yang membuat anak-anak kecil tertarik untuk memeliharanya.
burung ini pun cukup mudah di pelihara karena makanan burung ini cukup mudah seperti beras,milet dan gabah (biji padi)

berikutnya adalah pipit berkepala putih (peking kaji)
dengan postur tubuh yang hampir sama



perbedaanya mungkin berada di kepala  karena warna kepala yag putih yang membedakan antara pipit biasa dengan pipit kepala putih (peking kaji) sedangkan pipit  biasa warna putihnya berada di dada.

yang terakhir untuk pipit brontok  juga sejenis dengan yang diatas termasuk burung merbah yang selalu berkelompok.
di banding dengan yag di atas pipit berontok mungkin lebih mempuyai variation bentuk warna dan corak karena di dada terlihat bentuk seperti ukiran batik dan punggung berwarna coklat kemerahan yang membuat burung ini berbeda dengan pipit jawa dan pipit kaji
mereka termasuk dalam golongan estrildidae.